Dengan berupaya menjadi orang baik dan melakukan yang terbaik, maka kebaikan itu akan selalu ada disekitar kita. Sehingga tak perlu kesempurnaan untuk bisa berbahagia. Karena bahagia sesungguhnya adalah ketika kita melihat apapun secara sempurna.

Senin, 05 Maret 2012

Pengaruh Hedonisme


Munculnya fenomena hidup mewah (hedonisme) dalam sebuah negara adalah merupakan alamat kehancuran. Karena hidup mewah dapat membuat manusia lupa dari tugasnya mengatur negara, menimbulkan pengangguran, kemalasan, dan sikap pengecut. Mereka yang terjerumus dalam hidup yang serba senang dan hanyut dalam kemewahan biasanya tidak sanggup menghadapi rintangan dan tidak mau berkorban walau cuma dengan kata-kata.

Ia mengusahakan negaranya makmur dengan kemasksiatan. Ia diktator, sehingga timbul banyak pelanggaran HAM dalam menindas rakyatnya. Akhirnya akan menjadi bom waktu yang akan meledak di kemudian hari, negara tumbang dan tidak berdiri lagi untuk selama-lamanya.

Ibnu Khaldun rahimahullah berkata: "Kehidupan mewah (akan) merusak manusia. Ia menanamkan dalam diri manusia berbagai macam kejelakan, kebohongan dan perilaku buruk lainnya". Nilai-nilai yang baik yang notabene merupakan tanda-tangda kebesaranya hilang dari mereka dan berganti dengan nilai-nilai buruk yang merupakan sinyal kehancuran dan kepunahan.

Itulah diantara ketentuan Allah swt yang berlaku pada mahluk-Nya yang menjadikan negara sebagai ajang kezhaliman, merusak struktur dan menimpakan penyakit kronis berupa ketuaan yang membawa kepada kematian.



0 komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar Anda